Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAJAPAHIT MENAKLUK INDIA SELATAN

Berita ini mungkin bagi sebagaian kalian akan membuat kejang-kejang. Tapi faktanya bahwa Kabar mengenai Majapahit yang menakluk India Selatan itu dinyatakan oleh Sejarawan India yang bernama H.B.Sarkar (1935). Jadi bukan orang Jawa yang gembar-gembor. 

Siapa itu H.B.Sarkar (1935) ?, Guna memahami siapa tokoh itu secara mendalam  boleh silahkan anda lacak sendiri cari jurnal-jurnal Internasional yang membahas mengenainya di Google Cendikia ataupun di Situs-Situs Publikasi Jurnal. 

Bahwa menurut H.B.Sarkar (1935) sebagaimamna yang dikutip oleh Profesor Aris Munandar dalam artikelnya " MAJAPAHIT DAN KONDISI DUNIA SEZAMAN" menyebutkan ;

"Bahwa Majapahit dalam zaman pemerintahan Raja ke-2, yaitu Jayanagara (1309—1328) pernah berkuasa atas daerah Pandya di India selatan. Nama lengkap Jayanagara ialah Sri Sundarapandyadewadhiswaranama maharajabhiseka wikramottunggadewa, nama itu menandakan bahwa Jayanagara memegang kekuasaan tertinggi atas raja Pandya di India selatan yang berjuluk Sundarapandya. Hal lain yang menarik bahwa prasasti Jayanagara mempunyai lancana Minadwaja (sepasang ikan), mungkin bentuk kejayaan Majapahit di lautan".

Apa Itu Pandya ? Berdasarkan data yang disuguhkan dalam Wikipedia bahwa ;

Dinasti Pandya, juga disebut sebagai Pandya dari Madurai, adalah dinasti Tamil kuno di India Selatan dan satu di antara tiga kerajaan besar Tamilakam, bersama Chera dan Chola. Berdiri sejak abad ke-3 SM hingga ke-4 M, dinasti ini melewati dua periode dominasi kekaisaran, abad ke-6 hingga ke-10 M, dan di era Pandya Akhir (abad ke-13 hingga ke-14 M). Pandya memerintah wilayah yang luas, termasuk wilayah India Selatan saat ini dan Sri Lanka utara sebagai negara bawahan yang tunduk pada Madurai.

Menariknya, bahwa bendera dari Dinasti Pandya ini bergambar Sepasang Ikan sebagaimana  lancana Minadwaja (sepasang ikan) pada Prasasti Jayanegara. 

Jika betul Pendapat H.B.Sarkar (1935) ini, maka jelas Jaya Negara ini bukan Raja yang gak becus memerintah negara. Kenapa bisa begitu ? ya meskipun Naskah Lokal menyebut bahwa Jaya Negara digambarkan sebagai "Kalagemat" Raja yang gak becus, tapi faktanya catatan asing justru malah sebaliknya mengangapnya sebagai Raja hebat.

Posting Komentar untuk " MAJAPAHIT MENAKLUK INDIA SELATAN"